Bukan Seorang Guru




Gambar diatas itu adalah beberapa dari santri yang belajar mengaji di Pesantren Sunan Ambu yang ada di Laswi, setiap pengajar disana merupakan sukarelawan yang dibagi – bagi setiap harinya. Jadwalnya dimulai dari hari senin sampai jumat, dan sabtu minggu dipakai untuk mabit setiap 2 minggu sekali.

Setiap pengajar bebas memilih hari dan waktunya, ada dari Ashar, Maghrib dan Isya. Saya juga menjadi salah satu pengajar disitu, jadwal saya setiap rabu Ashar. Sebelumnya saya sempat mengajar masih dibawah nama Pesantren Sunan Ambu tetapi bukan di pesantrennya yang ada di Laswi melainkan di sukajadi saat itu tahun ke tiga saya kuliah, dan berjalan selama kurang lebih 6 bulan.

Perkuliahan yang mulai padat dan banyaknya tugas, akhirnya sempat berhenti, dan dilanjut lagi sekarang, tetapi langsung mengajar di Pesantren Sunan Ambu di Laswi. Untuk Ashar biasanya santri yang kecil dari TK hingga SD saja.

Mengajar anak-anak itu susah susah gampang, tapi ya banyak susahnya hahahah karena kadang anak-anak itu sering asik sendiri sama dunianya atau temennya. Kalau di marahin takut nangis tapi kalau terlalu di baikin kadang ada anak yang malah jadi ngelunjak jadi intinya harus pas sesuai dengan porsinya, paling penting kita harus kenal dulu dan tahu apa yang mereka mau.

Biasanya pengajian dimulai setelah shalat Ashar dilanjut dengan games dan yang kalah akan diberi kesempatan untuk membaca surat-surat pendek horee hahahahah dan setiap rabu, spesial sebelum pulang akan ada tanya jawab dan yang paling cepat dan benar berhak membawa pulang dirinya sendiri hahahah

Jauh sebelum mengajar di Pesantren Sunan Ambu tepatnya di Bandung, di kampung halaman saya di Sukabumi saya juga pernah mengajar ngaji waktu itu saya masih kelas 2 SMP saya mulai membantu guru saya untuk mengajar ngaji anak-anak SD, sampai kelas 2 SMK saya masih aktif mengajar ngaji, kelas 3 saya sudah mulai pensiun karena sibuk dengan tugas akhir dan pesiapan-persiapan lainnya.


Mungkin gitu aja temen-temen cerita hari ini, semangat, mari berpikir positif, lakukan kegiatan yang positif untuk diri kita dan untuk orang lain.

Comments